Welcome to Supriyanto Blog

Senin, 03 Juni 2013

SATGAS YONIF 403/WP TIBA DI DAERAH PAMTAS MALINDO KALBAR

USAI melakukan perjalanan laut selama 4 hari 3 malam yang cukup melelahkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sebanyak 650 personel prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP, Kentungan, Yogyakarta, Sabtu (01/06/2013) pukul 2 dinihari tiba di Pelabuhan Pontianak, Kalbar. KRI Teluk Amboina dengan nomor lambung 503 perlahan merapat di dermaga. Sebagian prajurit menampakkan raut kegembiraan. Rasa lelah yang sedari tadi dirasakan seakan sirna.

Dikejauhan nampak puluhan pejabat TNI AD dan TNI AL jajaran Kodam XII/Tanjungpura sudah siap menyambut kedatangan prajurit-prajurit Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Lintas Darat di wilayah Indonesia-Malaysia (Malindo), tepatnya di daerah Entikong-Sarawak, Kalbar.

Satu demi satu prajurit Yonif 403/WP menuruni anak tangga lalu naik kendaraan (truk) yang telah dipersiapkan jajaran Kodam setempat. Mengingat kedatangan yang sudah larut, seluruh kekuatan personel harus melakukan transit sekaligus bermalam di Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) Pontianak. Istirahat tak kurang dari 4 jam, prajurit sudah bersiap kembali guna melaksanakan persiapan upacara penyambutan oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI M Ridwan.

Dalam amanatnya, Mayjen Ridwan mengucapkan selamat datang di 'Bumi Khatulistiwa' kepada seluruh prajurit. Dirinya menegaskan serta berharap agar prajurit Yonif 403/WP secara sungguh-sungguh dan bertanggungjawab dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya sebagai prajurit Pamtas RI-Malaysia di perbatasan Entikong-Serawak.

"Sebagai Pangdam Tanjungpura, secara pribadi dan mewakili seluruh perwira, staf dan prajurit jajaran Kodam XII/Tanjungpura saya ucapkan selamat datang dan selamat menjalankan tugas pengabdian yang mulia kepada bangsa dan negara dalam menjaga kedaulatan NKRI. Saudara-saudara sebagai prajurit pilihan harus lebih baik lagi dalam menjalankan tugas pengamanan perbatasan lintas darat RI-Malaysia dibanding prajurit-prajurit sebelumnya," tegas Mayjen Ridwan.

Sementara, Asisten Intel (Asintel) Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Ontang Roma Pangihutan dalam pemaparannya juga menegaskan kepada seluruh prajurit Pamtas Yonif 403/WP, khususnya satuan unit intel agar bertugas dengan baik dan melakukan pengawasan secara kontinyu sekaligus tidak mudah terbius oleh rayuan-rayuan dari pihak manapun, yang dapat mengarah kepada tindakan negatif yang merusak nama baik satuan maupun nama TNI AD.

Usai dilakukan upacara penyambutan, selanjutnya Pangdam XII/Tanjungpura menyalami Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 403/WP Letkol Inf Renal Aprindo Sinaga beserta perwakilan prajurit masing-masing kompi.Selanjutnya, seluruh kekuatan personel tersebut akan bergerak menuju perbatasan dan pos-pos sepanjang garis perbatasan Kalbar pada Minggu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar