Welcome to Supriyanto Blog

Minggu, 18 Agustus 2013

68 TAHUN INDONESIA MERDEKA, DESA SURUH TEMBAWANG BARU SEKALI PERINGATI HUT RI




 68 tahun adalah  usia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) . Usia yang cukup matang untuk mencapai kemajuan. Setiap 17 Agustus, selalu diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) ke 68 kemerdekaan Republik Indonesia. Namun diusia uzur, khususnya di daerah perbatasan NKRI-Malaysia, belum pernah sekalipun menggelar HUT RI.

Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia, baru pertama kali menggelar upacara HUT RI pada 17 Agustus 2013.

Peringatan detik-detik proklamasi yang pertama kali disambut antusias warga. Kegiatan tersebut merupakan inisiatif pemerintah daerah dan Tentara Nasonal Indonesia (TNI) serta Kepolisian Republik Indonesia.

Salah seorang prajurit TNI, Letnal  Kolonel Sandi membenarkan jika 17 Agustus 2013 merupakan peringatan perdana HUT RI di desa tersebut kendati usia Indonesia sudah mencapai 68 tahun.

“Masyarakat  antusias  menyambut upacara bendera karena ini baru pertama kali selama 68 tahun merdeka,” kata Letnal  Kolonel Sandi, kepada Pro 3 RRI, Sabtu (17/2013). Desa Suruh Tembawang, merupakan desa terisolir di Sanggau dan harus ditempuh lima jam perjalanan dari kecamatan  melalui sungai.

Beratnya medan, membuat desa tersebut terisolir. Warga perbatasan juga memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga NKRI. “Mereka adalah WNI, memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan NKRI dari segala bentuk ancaman,” tegasnya.

Ia berharap masyarakat dengan TNI bersama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif dan mempertahankan NKRI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar